Sabtu, 16 Mei 2015

Mengenal Tampilan Jendela Microsoft Word 2010

Supaya mempermudah saat belajar mengetik di Word, ada baiknya terlebih dulu kita mengenal bagian-bagian dari layar/jendela pada program Microsoft Word, yaitu sebagai berikut:

Title Bar          : Baris judul - berada di bagian paling atas jendela Microsoft Word, berisi nama file yang sedang dibuka, icon MS. Word, Tombol Save, Undo, Repeat, Tombol Panah Bawah (berfungsi sebagai tombol untuk pengaturan toolbar), dan dibagian pojok kanan berupa tombol minimize, restore down dan close.

Menu Bar          : Baris menu - berada di bawah Title Bar, yaitu keterangan yang memuat daftar menu berlink aktif yang jika kita pilih dan klik salah satu menu maka akan
tampil tool bar dari menu tersebut. Pada menu bar ini berisi delapan menu yaitu File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Reviews, dan Views.  Tambahan lagi terdapat 2 tombol pada bagian pojok kanan, yaitu tombol Minimize The Ribbon dan tombol Help.

Tool Bar          : Baris Tool – berada di bagian bawah menu bar. Tool Bar ini berupa gambar kecil yang mewakili perintah tertentu dari fungsi menu terkait. Tampilan toolbar dapat di sembunyikan dari layar.
Pada suatu kejadian terkadang tampilan menu bar tidak terlihat, dan hanya terlihat jika kita mengklik salah satu menu pada menubar. Hal tersebut sering malah merepotkan. Lalu  Bagaimana cara menampilkan Tool Bar agar tetap stay pada tempatnya?.
Caranya:
-    Lihat Menu Bar
-    Lalu arahkan kursor mouse  ke bagian paling pojok disebelah kanan menu bar
-    Pilih dan klik tombol  Minimize the Ribbon yaitu tombol dengan gambar panah keatas.
-    Selesai.

Cara Menampilan Tool Bar di MS. Word 2010

Ruler Line      : Terdiri dari ruler vertikal dan horizontal, salah satu fungsinya untuk mengatur tabulasi dan margin.
Scroll Bar        : Ada 2 Scroll Bar  yaitu pada posisi vertikal di bagian kanan layar, dan pada posisi horizontal di bagian bawah layar. Scroll bar horizontal muncul jika lebar lembar kerja melebihi lebar monitor. Scroll Bar berupa tombol yang dapat digerakkan, fungsinya untuk menggerakkan keseluruhan lembar kerja.
Status Bar        : Sesuai namanya merupakan baris status yang memberi informasi /keterangan tentang dokumen yang sedang terbuka pada lembar kerja. Terdiri dari keterangan tentang halaman, jumlah kata, tombol cek bahasa, 5 tombol view document , dan tombol zoom level. Pada bagian (Page:  .. of ..) memiliki keterangan tentang halaman yang sedang dipilih dari total halaman keseluruhan, contoh Page 1 of 10 – dibaca:  halaman 1 terpilih dari halaman 10.
Work Area         : Lembar Kerja, pada bagian ini lah kita mengetik.

Untuk lebih jelas dimana posisi bagian-bagian tersebut, perhatikan gambar dibawah ini:
Tampilan Menu Microsoft Word 2010



1 komentar: