Sabtu, 23 Mei 2015

Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2010

Tabel tersusun dari kolom (column) dan baris (row). Lihat gambar berikut untuk penjelasannya:
Gambar 1. Tabel dengan 7 baris dan 3 kolom
Membuat Tabel dengan Toolbar
  • Pilih dan klik menu Insert pada menubar
  • Klik tombol Tabel, maka akan muncul pilihan insert table
Gambar 2. Menu Insert Table

  • Misal kita akan membuat tabel dengan 7 baris dan 3 kolom, disini kita gunakan fasilitas yang ada di bawah tulisan insert table. Arahkan pointer mouse kebawah 7 kotak lalu kekanan 3 kotak - lalu klik tombol mouse. Maka pada lembar kerja akan terlihat tabel dengan jumlah baris 7 dan kolom 3 (lihat Gambar 1).

Memilih Style Tabel yang tersedia di Menu Design
  • Arahkan pointer mouse ke menu Design lalu klik (jika menu design tidak muncul itu artinya tidak ada tabel yang dipilih, agar menu design muncul pilih tabel dengan cara mengkliknya/meletakkan kursor di salah satu cell)
Gambar 3. Tampilan toolbar pada Menu Design
  • Setelah menu Design di klik, akan tampil toolbar. Pilihlah Table Style yang diinginkan, untuk melihat syle lainnya gulirkan kebawah dengan mengklik tombol panah kebawah.
Merubah Lebar Kolom Tabel (Coloumn)
  • Pilih Tabel
  • Arahkan pointer ke ruler line atas, lalu arahkan ke batas line dari kolom yang akan diubah lebarnya hingga pointer membentuk anak panah dua arah.
  • Selanjutnya draging hingga ukuran lebar tabel yang diinginkan
Merubah Tinggi Baris Tabel (Row)
  • Pilih Tabel
  • Arahkan pointer mouse ke garis bagian bawah baris yang akan di ubah tingginya hingga pointer membentuk anak panah dua arah
  • Selanjutnya draging ke bawah atau atas hingga ukuran tabel yang diinginkan
Menggunakan Menu Layout Pada Menubar

Menu Layout akan tampil di menubar jika tabel terpilih. Dengan mengklik menu ini akan menampilkan toolbar tabel, disini tersedia tool untuk mengedit tabel seperti merubah lebar dan tinggi tabel, menggabungkan beberapa cel, menyisipkan kolom/baris, dan editing tabel lainnya. 
Gambar 4. Tampilan Toolbar pada Menu Layout (Menu ini akan tampil jika terdapat tabel yang terpilih)
       | Menggabungkan Beberapa Sel (Merge Cells)
  • Blog terlebih dahulu sel-sel yang akan digabungkan
  • Pilih dan klik tombol Mail Merge (tombol ini terdapat di toolbar menu Layout). Lihat Gambar 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar