Kamis, 14 Mei 2015

Ayo Cetak Sendiri Label Amplop Suratmu | Bagaimana Caranya?



Panduan Mengetik  -  Amplop surat yang baik memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan ataupun instasi. Dengan menggunakan label, logo ataupun kop yang baik pada amplop akan menunjukkan identitas perusahaan, dan sebagai sarana branding. Untuk itu sangat disarankan mencantumkan logo atau image perusahaan pada kop Amplop Surat sebagai salah satu media promosi dalam membangun brand image perusahaan anda. Buatlah desain yang baik dan menarik. Biasanya perusahaan menggunakan jasa percetakan untuk membuat amplop berkop identitas perusahaan. Namun jika saat diperlukan ternyata persediaan amplop berkop kita habis, kita bisa menggunakan amplop kosong dan mencetak labelnya sendiri dengan menggunakan  program MS. Word.

Berikut cara membuat format Amplop di Microsoft Word:

Pertama: Buka lembar kerja MS. Word:
File – New – Blank Document – Create

Kedua: Arahkan pointer ke menu bar, lalu klik:
Page layout – Page Set Up






Akan muncul kotak dialog Page Set Up:

 Ketiga: Pilih Menu Paper (lihat gambar dibawah):

Kempat: Pilih dan atur paper size: ganti letter 8 1/2 x 11 in  menjadi Envelope DL 110 x 220 mm.
Caranya Klik tanda panah disamping letter 8 ½ x 11 in – rol ke bawah – pilih dan klik Envelope DL110x220mm

Kelima, kembali ke menu Margin:
Pilih dan klik orientation Landscape – atur margin (top: 1.5cm , Left: 1cm, Right: 1cm, Bottom: 1cm) – klik OK

Format amplop sudah jadi,
 
Keenam, selanjutnya buatlah kop amplop dan alamat tujuan sesuai yang anda inginkan. Lalu SAVE, siap di print. Selesai.


Contoh saya akan membuat :
KOP :
PANDUAN MENGETIK
Belajar membuat surat, editing dokumen dan
pengenalan fungsi pada menu bar program pengolah kata
Alamat: Jl. Semoga Sukses Ya Say – panduanmengetik.blogspot.com

Dengan logo berikut:








Alamat tujuan misal:

Kepada PT. Suka Belajar
Jl. Menjadi Sukses
Kota Makmur Sejahtera

Hasilnya akan jadi seperti ini:

O ya jika anda akan mencetak amplop untuk surat yang banyak dengan alamat berbeda anda bisa terbantu dengan menggunakan fungsi mail merge yang terdapat di Microsoft Word. Silakan cari artikel mail merge di Arsip blog panduanmengetik.blogspot.com.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar